Cara meningkatkan penjualan melalui facebook



Sudah lama nih aku gak bagi bagi ilmu pengetahuan, coba share nih hasil otak atik jualan main didropshipping gan..

Latar Belakang :

Dari dulu kepingin jualan sesuatu, barang real yang dijual secara online, alasan lain adalah bisnis jualan barang itu merupakan salah satu bisnis yang cepat dapat duit, gak perlu nunggu gajian Adsense tiap bulan, tahan Banned dan antideindex. Apalagi sering lihat banyak yang shre tentang droshipping di forum ini, hsrat ingin jualan jadi semakin tak tertahankan hehe.

Riset produk :
Ini hal tersulit yang saya rasakan, riset produk yang banyak dicari gak banyak saingan tapi untung besar :D. Setelah sekian lama tanya sana sini pada teman yang sudah sukses bisnis jualan. Akhirnya saya temukan produk yang pas dengan keinginan saya :
  • Jarang ditemukan di toko offline (karena sasaran saya adalah pengguna media sosial, dan biasanya kalau ada yang jual ofline akan dibandingkan harga head to head + ongkos kirimnya)
  • Harga relatif terjangkau Rp. 100.000 - 300.000 (kenapa saya ambil dengan range harga tersebut? karena biar gak habis di ongkos kirim.. kadang orang berpikir wah murah tuh harga cuma 30.000 misalnya, tapi kena ongkir 20.000 yang mau beli jadi mikir ulang).
  • Barang repeat order (tentunya ini yang saya cari biar pelanggan lama beli lagi kalau sudah habis dengan siklus 1-2 bulan).
  • Suplier ada dan stok aman (meski dalam kenyataan harus inden inden dulu, tapi gak masalah itu artinya barangnya bagus banyak yang nyari)
  • Margin keuntungan 20.000-100.000/pcs biar semangat jualannya :D
Setelah dapat produk tersebut kemudian daftar sebagai droshipper atau resellernya agar mendapat harga grosir.

Eksekusi :

Sementara masih main di media sosial seperti Facebook, BBM, dan WhatsApp. Saya termasuk newbie alis pemula dalam berjualan. Teknik jualnya bikin Facebook baru dengan nama asli dan add teman yang tertarget sebanyak banyaknya. Cara mencari teman tertarget adalah gerilya di grup/fanspage jualan orang lain. Cari member yang baru masuk (untuk nyari temen aktif) atau add yang tanya tanya harga (berarti dia siap beli online)

Note: Tetap menjaga etika jualan ya, jangan nikung atau hijack calon pembeli kalau fanspage target kebetulan jualannya sama. 


Saya pribadi menghindari hal di atas, biasanya cuma ambil teman tertarget saja, dari beragam fanspage dan tidak melulu harus sama produknya. Bahkan malah menghindari.

Setelah teman mencapai ribuan, rajin update status positif/motivasi/status lucu. Kemudian disisipi iklan jualan 1-2 kali hard/soft selling. Strategi ini biasa disebut Gaya Emak-Emak tapi benar sampai saat ini masih work :D

Kemudian bikin akun FB lagi yang teman temannya berbeda dengan FB pertama, lakukan hal yang sama. Jika sudah ketika iklan jualan tag FB kedua atau sebaliknya..

Untuk meningkatkan trust pembeli buat foto profil real, buat album packing, bukti transfer, dan resi kirim, serta testimoni. Tips lain adalah sabar, dan kuasai benar benar tentang produk yang kita jual :D

Dengan teknik ala Emak-Emak itu Alhamdulillah dapat penjualan rata rata 1-2 produk tiap harinya. Dengan margin keuntungan paling banyak 40.000-100.000.

Kebetulan ini yang pegang bisnis dropship adalah istri saya.. do i minta dibuatin Fanspage dan suruh iklanin tapi belum sempet :D

0 Response to "Cara meningkatkan penjualan melalui facebook"