Nyeri Haid Berlebihan Jangan Dibiarkan!



Nyeri haid yang berlebihan biasa dirasakan banyak perempuan secara rutin. Gejala yang ditimbulkan berupa kram pada perut bagian bawah atau nyeri yang tidak tertahankan. Walaupun nyeri haid dianggap normal bagi kebanyakan perempuan, namun perlu diwaspadai jika rasa nyeri tidak seperti biasa atau lebih sakit dari sebelumnya. Nyeri yang dialami perempuan saat haid dibagi menjadi 2 berdasarkan penyebab utamanya, jika nyeri tersebut hanya terkait periode menstruasi makan dinamakan dismenore primer. Apabilsa rasa sakit yang muncul terkait dengan penyakit atau masalah kesehatan tertentu maka digolongkan menjadi dismenore sekunder.

Kondisi ini belum diketahu secara pasti penyebabnya, namun ada beberapa kondisi dan perilaku yang menyebabkan kamu berpotensi mengalami nyeri haid yang berlebihan. Faktor risiko yang meningkatkan hal tersebuat antara lain masih berusia 20 tahun, memiliki saudara atau keluarga masalah yang sama, kebiasaan merokok, mengeluarkan darah berlebihan saat menstruasi, belum pernah memiliki bayi, dan mengalami masa puber sebelum usia 11 tahun. Selain faktor diatas, ada beberapa kondisi kesehatan yang mungkin akan menyebabkan kamu mengalami gangguan kesehatan berikut ini :

❌ Gejala Premenstrual ( PMS )
Gejala ini disebabkan perempuan pengalami perubahan hormonal dalam tubuh dan terjadi pada 1 – 2 minggu sebelum darah menstruasi keluar. Kondisi ini akan berakhir setelah darah haid keluar.

❌ Endometriosis
Kondisi ini terjadi saat sel dari dinding rahim tumbuh tidak di dalam rahim yang mana justru berkembang didaerah saluran falopi, ovarium, atau pada dinding jaringan pelvis.

❌ Fibroid pada Rahim
Ini merupakan jenis tumor yang tidak bersifat kanker, pertumbuhan jaringan ini akan membuat rahim menderita tekanan berlebih sehingga menimbulkan nyeri hebat.

❌ Peradangan Panggul
Organ-organ yang terletak dipanggul akan mengalami infeksi, infeksi ini menyebabkan peradangan terjadi pada organ reproduksi seperti rahim, saluran falopi, atau ovarium maka rasa sakit berlebih saat haid dapat terjadi. Infeksi ini bisa terjadi karena bakteri yang disebarkan melalui hubungan seksual.

❌ Adenomiosis
Rasa sakit belebihan juga bisa disebabkan oleh kondisi langka yang disebut adenomiosis yang mana terjadi ketika lapisan rahim tumbuh hingga ke dalam otot yang terletak di dinding rahim. Nyeri yng timbul sangat beralasan karena kondisi ini bisa menyebabkan rahim mengalami peradangan.

❌ Penyempitan Leher Rahim
Kondisi langka ini akan menyebabkan nyeri berlebihan ketika sedang haid yaitu stenois pada leher rahim atau serviks. Hal ini membaut darah haid berjalan lambat karena ukuran leher rahim menjadi lebih sempit. Penyempitan ini selain menghambat aliran darah haid juga membuat bertambahnya tekanan pada rahim.
.
.
Salam,

Dokter Rose V

Sumber : https://web.facebook.com/groups/434033483727502/

0 Response to "Nyeri Haid Berlebihan Jangan Dibiarkan!"